Feb

09

Sebuah Gagasan tentang Grand Design Reformasi Regulasi Indonesia

Sebuah upaya besar untuk secara sistematis memperbaiki kualitas regulasi di Indonesia, baik dari aspek design, delivery maupun inspectionnya, memerlukan sebuah Grand Design. Guna mendukung kuatnya kemauan politik yang telah ditunjukkan oleh Pemerintah untuk memperbaiki kualitas regulasi dalam mendukung iklim usaha dan investasi, dengan segala kerendahan hati Penulis mempersembahkan gagasan-gagasan Penulis, yang di tuangkan dalam buku ini.

Buku ini ditulis dengan beberapa pertimbangan: Pertama, untuk memenuhi kebutuhan tentang Grand Design Reformasi Regulasi Indonesia, agar upaya perbaikan kualitas regulasi yang dilakukan selama ini lebih sistematis, komprehensif dan terintegrasi. Kedua, untuk mengakomodasikan usulan dari rekan-rekan penggiat Reformasi Regulasi di Indonesia yang menyarankan perlu adanya pemikiran tentang Grand Design Reformasi Regulasi. Ketiga, untuk mengintegrasikan berbagai pemikiran dan gagasan Penulis tentang Reformasi Regulasi yang pernah disampaikan pada berbagai fora, baik nasional maupun internasional.

Proses penulisan buku ini cukup unik, karena secara keseluruhan hanya memakan waktu yang singkat, kurang lebih satu (bulan), yang dikerjakan ditengah malam hingga dini hari ditengah-tengah liburan keluarga di luar negeri. Penyelesaiannya dimungkinkan semata-mata karena passion dan keinginan yang kuat untuk berkontribusi bagi keberhasilan Reformasi Regulasi di Indonesia.

Sebagai sebuah Grand Design Reformasi Regulasi, diharapkan buku ini mampu menawarkan gagasan tentang:

  1. Urgensi, kebutuhan dan tujuan Reformasi Regulasi.
  2. Peran kemauan politik dan kepemimpinan bagi kerberhasilan Reformasi Regulasi.
  3. Pengadopsian standar internasional yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik
  4. Penerapan Good Regulatory Practice dan Whole Government Approach.
  5. Pengembangan model analisis regulasi yang sesuai dengan kebutuhan Indonesia.
  6. Pengembangan tools Reformasi Regulasi yang berstandar internasional, akuntabel dan mudah
  7. Penataan Kelembagaan untuk mendukung keberhasilan Reformasi Regulasi.
  8. Pengembangan kapasitas institusional dan
  9. Penerapan sanksi dan insentif sebagai wujud komitmen dan
  10. Arah dan prospek ke depan yang berisi langkah-langkah sistematis yang perlu ditempuh untuk mencapai keberhasilan Reformasi Regulasi di Indonesia.

Melalui Gagasan tentang Grand Design Reformasi Regulasi, diharapkan dapat menjadi bahan pemikiran dan masukan bagi Presiden selaku Kepala Pemerintahan, Kementeriandan Lembaga di Tingkat Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Internasional dan Negara-negara Donor, Asosiasi Dunia Usaha, Civil Society Organizations, Dunia Pendidikan, Peneliti serta Masyarakat Luas yang sedang menggeluti persoalan ini guna perbaikan kualitas regulasi Indonesia. Sebagai sebuah gagasan, tentu tidak lepas dari berbagai kekurangan, namun setidak-tidaknya mampu menjadi sumbangan yang kecil di tengah-tengah kerja besar Bangsa Indonesia mengejar Visi sebagai Negara Besar, Maju dan Adil.

Jakarta, 27 Januari 2017

Penulis,

Ida Bagus Rahmadi Supancana

Pelatihan DPO Bersertifikat

22-24 November 2022 – Pelatihan Pejabat Pelindungan Data Pribadi Bersertifikat. Klik di sini untuk informasi lengkapnya.

Language »

Ingin Menjadi

Pejabat Pelindungan Data Pribadi Bersertifikat (DPO)?

Ikutilah Pelatihan Pejabat Pelindungan Data Pribadi Bersertifikat

Tanggal 22-24 November 2022

Subscribe