Feb

04

Review Cyber Ethic dan Cyber Law: Kontribusinya Bagi Dunia Bisnis

Oleh : Chappy Hakim,
Pusat Studi Air Power Indonesia

Prof. Dr. Ida Bagus Rahmadi Supancana yang akrab disapa Prof. Dodi oleh orang orang dekatnya, baru saja untuk sekian kali meluncurkan lagi buku barunya. Kali ini menjadi sangat menarik untuk membahas buku Prof. Dodi karena berisi banyak hal yang sangat kekinian sifatnya. Buku berjudul Cyber Ethic dan Cyber Law, kontribusinya bagi dunia bisnis menguraikan banyak hal hubungan kemajuan teknologi kaitannya dengan kegiatan bisnis.

Seperti apa yang tengah dihadapi umat manusia dewasa ini dengan perkembangan Cyber World yang telah menjelma sebagai domain ke lima setelah daratan, perairan, udara dan ruang angkasa tidak terkecuali akan merambah ke dunia bisnis. Pada awalnya sudah dideteksi mengenai “istimewa”nya domain ke 5 ini yang dapat menembus domain lainnya dengan mudah. Ini dapat diartikan bahwa dunia cyber akan sangat berpengaruh kepada setiap sektor kehidupan umat manusia dalam aktifitas kesehariannya.

Dalam mengantisipasi hal inilah, Prof. Dodi menguraikan dalam bukunya betapa pengaruh besar dari dunia Cyber terhadap dunia bisnis yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Disebutkan  dan diuraikan dengan cukup detil tentang betapa dunia cyber sangat besar pengaruhya termasuk dalam wilayah tata nilai dalam masyarakat yang pasti masuk pula kedalam tatanan sosial, moral, etika dan terutama ranah Hukum. Pengaruh yang  dahsyat inilah yang dipastikan harus diantisipasi pula betapa besar dampak dan implikasi yang akan diderita pada kegiatan sehari hari utamanya dalam dinamika berbisnis. Hal tersebut sebagai akibat dari tidak bisa dihindarinya perkembangan yang terjadi berkait Perlindungan Kekayaan Intelektual, E Commerce, Privacy, E Learning dan juga The Business of Education. Tidak berhenti disitu saja , akan tetapi akan mengalir juga kepada banyak masalah hukum yang akan cukup rumit karena  berhubungan dengan aspek perlindungan data pribadi sekaligus perlindungan konsumen.

Prof. Dodi telah menguraikan dalam buku ini betapa perspektif hukum dalam berhadapan dengan perkembangan cyber world mempunyai pengaruh dan implikasi yang yang tidak sederhana dalam dunia bisnis. Sebuah uraian luas mencakup tidak hanya kepentingan kegiatan bisnis semata akan tetapi juga terhadap perlindungan konsumen. Buku ini menjadi sangat menarik ditengah masyarakat kita yang masih belum paham benar terhadap dunia cyber, apalagi implikasinya terhadap kegiatan bisnis. Terlebih lagi ditengah suasana survival dalam  pandemic covid 19 pergeseran mengemukanya cyber world terlihat sebagai memperoleh daya percepatan yang sangat signifikan dalam kehidupan masyarakat luas. Sebuah buku yang sangat besar manfaat bagi kita semua, tidak hanya para pelaku bisnis akan tetapi juga termasuk para pelanggan alias konsumen.

Selamat dan Sukses untuk buku ini , Prof. Dr. Ida Bagus Supancana. Proficiat Prof. Dodi.

Jakarta , Sabtu 16 Januari 2021

luska. “Buku Cyber Ethic dan Cyber Law, Kontribusinya Bagi Dunia Bisnis.” Indonews.id. 16 Januari 2021. 3 Februari 2021. <https://indonews.id/mobile/artikel/315244/Buku-Cyber-Ethic-dan-Cyber-Law-Kontribusinya-Bagi-Dunia-Bisnis/>

Pelatihan DPO Bersertifikat

22-24 November 2022 – Pelatihan Pejabat Pelindungan Data Pribadi Bersertifikat. Klik di sini untuk informasi lengkapnya.

Language »

Ingin Menjadi

Pejabat Pelindungan Data Pribadi Bersertifikat (DPO)?

Ikutilah Pelatihan Pejabat Pelindungan Data Pribadi Bersertifikat

Tanggal 22-24 November 2022

Subscribe