Feb

01

Berbagai Perspektif Harmonisasi Hukum Nasional dan Hukum Internasional

Tanggal 12 Desember tahun 2012 adalah hari yang sangat istimewa bagi penulis secara pribadi, tidak hanya tanggal tersebut adalah hari kelahiran penulis, tetapi juga merupakan kombinasi angka yang sangat langka yang mungkin hanya terjadi sekali dalam seumur hidup, yaitu 12-12-12.

Bagi seorang akademisi, memperingati hari yang sangat istimewa ini tentu saja tidak patut dilakukan dengan cara pesta pora, sebaliknya harus menjadi bahan renungan, apa kontribusi yang telah diberikan bagi dunia ilmu maupun kemaslahatan masyarakat dan kemanusiaan?

Atas dasar hasil renungan itu, dengan segala kerendahan hati penulis ingin mendedikasikan buku ini ke hadapan dunia ilmu dan masyarakat luas. Buku ini berisi kumpulan, yaitu 12 (dua belas) makalah atau artikel yang pernah disajikan oleh penulis dalam 12 kesempatan yang berbeda, yang terdiri dari 12 bidang hukum yang benang merahnya adalah persoalan Harmonisasi antara Hukum Nasional dengan Hukum Internasional. Oleh karena itu penulis memberanikan diri untuk memberi judul: “Berbagai Perspektif Harmonisasi Hukum Nasional dan Hukum Internasional“.

Buku ini berisi berbagai gagasan yang pernah penulis lontarkan terkait dengan berbagai isu, seperti: Reformasi Regulasi; ASEAN Security Community; Legislasi Keantariksaan; Keselamatan Penerbangan; Manajemen Bencana; Perlindungan Data Pribadi; Cyber pornography; Perdagangan Internasional; Investasi; Hukum Jamin an; dan Akta Elektronik. Berbagai gagasan yang penulis lontarkan tersebut berlangsung dalam kurun waktu antara tahun 2003 sampai 2012.

Buku yang kami sajikan ini tentu saja jauh dari sempurna, namun setidak-tidaknya dapat menjadi bahan diskusi selanjutnya, baik pada tataran akademik maupun implementasinya dalam dunia nyata.

Akhirnya penulis ingin mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang tidak dapat disebut satu persatu atas bantuannya, khususnya Penerbit Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta, yang memungkinkan buku ini diterbitkan dan disajikan kepada khalayak ramai.

Jakarta, 12 Desember 2012

I.B.R. Supancana

Pelatihan DPO Bersertifikat

22-24 November 2022 – Pelatihan Pejabat Pelindungan Data Pribadi Bersertifikat. Klik di sini untuk informasi lengkapnya.

Language »

Ingin Menjadi

Pejabat Pelindungan Data Pribadi Bersertifikat (DPO)?

Ikutilah Pelatihan Pejabat Pelindungan Data Pribadi Bersertifikat

Tanggal 22-24 November 2022

Subscribe